Selasa, 01 November 2011

Studi Tentang Manajemen Kelas PAI Di SMA Gita Bahari Semarang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen kelas PAI dan Problematika Pemanfaataannya Oleh Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Gita Bahari Semarang ). Fokus penelitian ini mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Manajemen kelas PAI meliputi: (1) Problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan Manajemen kelas PAI, (2) Usaha/upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pelaksanaan Manajemen kelas PAI oleh guru pendidikan agama Islam.
Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus (jenis penelitian kualitatif), yang mengambil lokasi di SMA Gita Bahari Semarang. Oleh karena itu, tekhnik cuplikan penelitian menggunakan purposive sampling, dengan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi dan masalah secara mendalam dan dapat dipercaya sebagai sumber data yang mantap. Sedangkan sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Dalam pelaksanaan Manajemen kelas PAI guru pendidikan agama Islam menghadapi masalah/problem antara lain: pertama, guru secara tekhnis yaitu keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. kedua, bahan pembelajaran yang terbatas dan ketiga, terbatasnya sarana dan prasarana.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya /usaha yang bisa dilakukan untuk mengatasi problematika di atas (2) pertama, perlunya pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya yang berkaitan dengan manajemen kelas PAI, kedua , guru harus berusaha menggunakan bahan pembelajaran secara maksimal, ketiga, perlu adanya usaha untuk mengekfektifkan manajemen kelas PAI serta penyediaan dana dari berbagai sumber misalnya sekolah , masyarakat dan pemerintah.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru pendidikan agama Islam , kepala sekolah dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan fakultas tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar