Selasa, 01 November 2011

Analisis Terhadap Pesan-Pesan Dakwah Dalam Tulisan Chabib Thoha Dalam Majalah Rindang Edisi Februari 2001-Januari 2002

Setelah penulis menganalisis secara panjang lebar mengenai tulisan-tulisan Chabib Thoha yang dimuat dalam majalah Rindang edisi Februari 2001 – Januari 2002, dapat penulis simpulkan dengan mengacu pada permasalahan yang telah terjabarkan dalam bab pertama.
Adapun kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis adalah sebagai berikut :
1. Tulisan-tulisan Chabib Thoha dalam majalah Rindang memuat beberapa pesan dakwah, yakni;
a) AQIDAH, DIMANA DALAM MATERI INI CHABIB THOHA LEBIH MENEKANKAN PADA PERSOALAN SUFISME SEBAGAI JALAN UNTUK MENUJU PADA PENDEKATAN DIRI PADA ALLAH SWT.
b) Akhlaq, dimana dalam persoalan akhlaq Chabib Thoha menekankan pada persoalan yang lebih kontekstual, dalam arti disesuaikan dengan perkembangan sosial masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari tema keluarga yang kemudian dikaitkan dengan persoalan pergaulan bebas.
c) SYARIÂ’AH, DALAM TULISAN CHABIB THOHA YANG BERKAITAN DENGAN SYARIÂ’AH TIDAK MENDAPATKAN TEMPAT YANG LEBIH. INI DIKARENAKAN BASIS KEILMUAN CHABIB THOHA TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK BERBICARA BANYAK MENGENAI HUKUM DALAM ISLAM. DI SINI BELIAU HANYA MENJELASKAN BAHWA PERNIKAHAN ITU DAPAT DIKATAKAN SAH BILA ADA IJAB DAN QABUL YANG DISERTAI DENGAN SYARAT DAN RUKUNNYA.
d) MuÂ’amalah. Dalam tulisan Chabib Thoha, materi dakwah yang berhubungan dengan muÂ’amalah memiliki porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan materi-materi yang lain. Hal ini dimungkinkan karena posisi Chabib sendiri yang memang berada dalam sebuah departemen yang lebih mengurusi persoalan muÂ’amalah. Mengenai ini, beliau lebih sering menekankan persoalan pendidikan, disamping juga ada sedikit masalah dalam kinerja Departemen Agama sendiri.
2. Dalam menyampaikan pesan-pesannya, tulisan Chabib Thoha tidak memfokuskan pada satu persoalan saja melainkan juga mencakup segala aspek yang dipandang berkaitan dengan tema yang sedang dibahas. Disinilah kelebihan tulisan Chabib Thoha dalam majalah Rindang edisi Februari 2001 – Januari 2002 meskipun ini sekaligus merupakan kesulitan tersendiri bagi penulis dalam melakukan pengelompokan tema pesan.
3. Bahasa, sebagai sarana utama dalam melakukan komunikasi, yang dipakai oleh Chabib Thoha merupakan bahasa yang sangat mudah difahami oleh pembacanya terutama bagi konsumen pembaca dari pada majalah Rindang itu sendiri, yakni pegawai negeri yang ada dikalangan Departemen Agama.
4. Materi pesan yang diangkat oleh Chabib Thoha lebih menekankan pada hal-hal yang berkaitan dengan persoalan-persoalan manusia yang tengah terjadi dalam masyarakat

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar