Selasa, 01 November 2011

Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTS. Futuhiyyah-2 Mranggen Kabupaten Demak

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi mata pelajaran PAI di MTs. Futuhiyyah-2 Mranggen; 2) Bagaimana proses belajar mengajar PAI berdasarkan KBK; 3) Bagaimana problematika pelaksanaan KBK PAI dan solusinya di MTs. Futuhiyyah-2 Mranggen.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data diambil menggunakan metode observasi dan interview, setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diharapkan mampu mengungkap bagaimana pelaksanaan KBK mata pelajaran PAI, bagaimana proses belajar mengajar PAI berdasarkan KBK dan bagaimana problematika pelaksanaan KBK mata pelajaran PAI dan solusinya di MTs. Futuhiyyah-2 Mranggen.
Dalam prakteknya, pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi mata pelajaran PAI di MTs. Futuhiyyah-2 Mranggen sudah diterapkan oleh guru agamanya, yaitu Bapak Shiddiq Mathar, SyafaÂ’atun, S.Ag. dan Masruri, S.Ag, walaupun tidak semua prinsip penggunaan dan pendekatan dalam proses pembelajaran.
Proses pembelajaran PAI di MTs. Futuhiyyah-2 Mranggen dilaksanakan dan disesuaikan dengan kurikulum 2004 yaitu untuk kelas VII dan VIII, sedangkan untuk kelas III belum menggunakan KBK tetapi tetap mengacu pada tujuan. Pemahaman dan penguasaan materi serta prakteknya dalam kehidupan sehari-hari dan siswa mempunyai sifat dan akhlak yang baik. Dalam melaksanakan KBK mata pelajaran PAI di MTs. Futuhiyyah-2 Mranggen baik Bapak K. Shiddiq Mathar, SyafaÂ’atun, S.Ag. dan Bapak Masruri, S.Ag mempunyai pendekatan yang berbeda dalam menghadapi siswanya tentunya setiap pendekatan mempunyai kelemahan dan kelebihan. Untuk lebih baiknya setiap guru harus menguasai pendekatan-pendekatan pelaksanaan KBK mata pelajaran PAI untuk diterapkan pada setiap masalah yang timbul di kelas dan untuk menghadapi siswa yang tentunya mempunyai karakter yang berbeda.
Dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi mata pelajaran PAI di MTs. Futuhiyyah-2 Mranggen dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap proses pencapaian kompetensi PAI dan tahap evaluasi pencapaian kompetensi PAI.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

0 komentar:

Posting Komentar