Selasa, 01 November 2011

Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Anak-Anak Usia Pra-Sekolah Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TK IT) (Tinjauan Bimbingan Dan Konseling Islam)


1. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai religius pada anak-anak usia pra-sekolah di TK IT Az-Zahra Sragen meliputi materi yang di dalamnya terkandung esensi ajaran agama Islam, yakni aqidah, syariÂ’ah dan muÂ’amalah. Sementara itu, dalam konteks bimbingan dan konseling Islam, ternyata TK IT Az-Zahra telah berhasil menanamkan nilai-nilai religius pada anak (aqidah, syariÂ’ah dan muaÂ’malah) yang secara efektif memiliki fungsi mencegah (preventif) : yakni mencegah kerusakan moral yang lebih tinggi dan mengobati (kuratif) yakni : mengobati kerusakan moral yang dialami oleh anak, serta dapat berfungsi pengembangan (developmental) yakni : mengembangkan nilai-nilai yang telah tertanam dalam diri anak supaya tetap tertanam dan bahkan lebih dapat mengembangkan nilai-nilai yang tertanam pada diri anak.
2. Pengamalan nilai-nilai religius dapat dilihat dari aktivitas anak di lingkungan TK IT maupun di luar lingkungan TK IT (keluarga masyarakat). Pengamalan nilai-nilai religius anak meliputi : perilaku setiap hari seperti shalat, puasa, berdoÂ’a, mengaji, adab kesopanan, kejujuran dan lain sebagainya. Dari sudut ini, TK IT cukup berhasil melakukan perannya sebagai lembaga pendidikan yang dapat diandalkan.
3. Faktor yang dapat menjadi penunjang penanaman nilai-nilai religius pada anak-anak usia pra-sekolah di TK IT Az-Zahra Sragen adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi konstitusi tubuh, struktur dan bakat khusus, seperti intelegensi anak, bakat khusus dan emosionalitas. Sedangkan faktor eksternalnya berasal dari unsur kecakapan atau keahlian guru dalam menerapkan materi yang disajikan dan suasana kerja dilingkungan TK IT Az-Zahra serta sarana dan prasarana yang memadai.
Sebaliknya, faktor penghambatnya adalah adanya orang tua yang acuh akan pendidikan anaknya, baik secara material maupun nonmaterial.

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar