Selasa, 01 November 2011

Analisis Dinamika Organisasi-Organisasi Perjuangan Kemerdekaan Muslim Patani

Dakwah, baik sebagai konsep maupun sebagai aktivitas, telah memasuki seluruh wilayah dan ruang lingkup kehidupan manusia. Seluruh aspek kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari sudut pandang dakwah ; segi politik, ekonomi, sosial, dan lainnya. Begitu pula dakwah sebagai gerakan politik yang menekankan prinsip amar makruf nahi munkar, untuk mengerjakan kebaikan dan kebajikan dan melarang atau mencegah untuk melakukan keburukan atau kemungkaran. Untuk itu, dakwah akan mencapai suatu tujuan yang tidak akan piasah dari sumber metode-metode yang ditegaskan oleh Allah SWT, yaitu, Bil-hikmah, Al-Mauizhah , dan Al-Mujadalah.
Dari demikian itu, dakwah yang mempunyai suatu kebijaksanaan yang diambil dari informasi tentang hakikat kehidupan psikologis manusia sebagai obyek dakwah. Dan dakwah sebagai kegiatan nyata dalam bentuk penasihatan atau ajakan serta keterangan-keterangan yang disampaikan dengan metode yang cukup baik dilihat dari segi kebudayaan psikologis manusia. Selanjutnya dakwah sebagai sistem penyampaian secara tatap muka antar pribadi atau antar kelompok yang dilakukan secara tertib dan berlangsung secara konsisten atas dasar pendekatan-pendekatan psikologis.
Dengan teliti secara saksama tentang dinamika pergerakan organisasi-organisasi (BNPP, BRN, dan PULO), berideologi berbeda, dan disamping itu bahwa tujuan umumnya adalah sama yaitu tercapainya kemerdekaan Patani dari pemerintahan Siam (Thailand). Untuk itu, bahwa gerakan organisasi BNPP berideologi Nasionalisme, Islam konservatif-ortodok atau Islam fundamentalis federasi Siam pada mulanya. Setelah itu, sesuai perubahan zaman, BNPP berubah menjadi BIPP, akibat perubahan tersebut, bergulir menjadi perjuangan untuk mencapai Patani merdeka di bawah kesultanan Islam, dan tidak berotomi dengan lain pihak, baik otomi Siam

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum...
Saya Fitri dari STID al Hadid Surabaya mengundang para mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki penelitian dalam bentuk skripsi bertemakan organisasi dakwah untuk menulis di jurnal kami (Kajian dan Pengembangan Manajemen Dakwah). Tulisan yang laik terbit akan kami berikan honor secara profesional sebesar Rp. 500.000,-. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Fitri Hikmawati (Pimred) di nomor 0857 3151 9609.

Posting Komentar