Selasa, 01 November 2011

Manajemen Konflik Menurut Winardi Relevansinya Dengan Pembentukan Keluarga Sakinah” (Studi Analisis Bimbingan Penyuluhan Islam)

Dari muatan deskriptif skripsi ini tentunya penulis dapat menarik beberapa konklusi sebagai jawaban dari permasalahan skripsi ini yaitu:
Konsep manajemen konflik menurut Winardi sebenarnya sudah ada dalam keluarga, dengan indikator pandangan konflik dalam keluarga pemahamannya berbeda-beda. Ada yang mengartikan secara tradisional, hubungan manusiawi dan interaksionis. Sumber konflik di dalam keluarga dapat disebabkan karena adanya kebijakan orang tua yang sering menimbulkan kontrofersi. Sedangkan strategi manajemen konflik di dalam keluarga meliputi stimulasi atau merangsang konflik, pengurangan dan penekanan konflik, serta penyelesaian konflik.
Manajemen konflik sangat efektif dapat membantu menciptakan keluarga sakinah, hal ini akan tercipta apabila pemetaan konflik, penggunaan metode atau penggunaan pendekatan dalam manajemen konflik secara tepat sesuai dengan kadar konflik yang terjadi. Apabila manajemen konflik diterapkan pada keluarga sakinah maka akan menjadikan keluarga itu tetap sakinah. Lebih-lebih lagi jika manajemen diterapkan pada keluarga yang masih bermasalah atau tidak tentram, maka akan membantu terwujudnya keluarga sakinah. Adapun manajemen yang terjadi dalam keluarga dibagi menjadi lima, yaitu: manajemen konflik intrapersonal, manajemen konflik interpersonal, manajemen konflik intragroup, manajemen konflik intergroup, manajemen konflik interorganisasi. Pembentukan Keluarga Sakinah (keluarga yang Islami), yaitu bagaimana kita membentuk atau menciptakan keluarga yang dapat memberikan rasa tentram, rasa damai, bahagia dan sejahtera

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA



0 komentar:

Posting Komentar