Selasa, 01 November 2011

Bentuk Komunikasi Dakwah Dokter dan Paramedis terhadap Pasien di Rumah Sakit Islam NU Demak

Bentuk Komunikasi Dakwah Dokter dan Paramedis terhadap Pasien di Rumah Sakit Islam NU Demak

Pada bagian akhir skripsi ini, akan penulis coba untuk menyimpulkan dari uraian di atas secara singkat sebagai berikut :
1. Pada hakekatnya hubungan antara manusia tidak dapat terjadi tanpa melalui komunikasi, termasuk juga hubungan antara dokter dan paramedis dengan pasien dalam pelayanan medis. Karena dengan berkomunikasi orang berusaha menyampaikan pandangan, perasaan dan harapan pada orang lain.
2. Pada dasarnya ada tiga bentuk komunikasi dakwah yang dilakukan oleh dokter dan paramedis dengan pasiennya diantaranya :
a. Komunikasi individu
b. Komunikasi kelompok
c. Komunikasi melalui media
3. Penerapan pesan nilai-nilai keagamaan yang dilakukan dokter dan paramedis selain memberikan pelayanan yang sifatnya medis profesional juga memberikan pelayanan kerohanian dalam rangka dakwah Islamiyah melalui radio/tape dan buku. Hal ini dilakukan agar ada keseimbangan antara kebutuhan penyembuhan badani dan ketentraman batini.
4. Dokter dan paramedis dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda sifatnya dan untuk setiap model diperlukan teknik komunikasi yang berbeda pula. Karena jika dokter dan paramedis tidak memperhitungkan hal ini, maka komunikasi dengan pasien tentu tidak efektif dan tidak optimal

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar