Selasa, 01 November 2011

Pembinaan Mental Terhadap Anak Jalanan Di Yayasan Setara Kota Semarang ( Suatu Kajian Dengan Analisis Bimbingan Konseling Islam )

Pembinaan Mental Terhadap Anak Jalanan Di Yayasan Setara Kota Semarang ( Suatu Kajian Dengan Analisis Bimbingan Konseling Islam )

Pokok masalah dalam penelitian skripsi penulis adalah (1) bagaimanakah pembinaan mental terhadap anak jalanan yang dilaksanakan di yayasan Setara Kota Semarang ditinjau dari perspektif kesehatan mental dan (2) bagaimanakah pembinaan mental terhadap anak jalanan yang dilaksanakan yayasan Setara Kota Semarang ditinjau dari perspektif dakwah dengan pendekatan bimbingan konseling Islam.
Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan upaya yang dilakukan dalam rangka pembinaan terhadap anak jalanan di yayasan Setara Kota Semarang sebagai fenomena psikologis dalam konteks kesehatan mental. Sehingga dari sini penulis dapat mengetahui suatu aktivitas dalam membentuk mental yang sehat bagi anak jalanan. (2) menjelaskan pembinaan yang dilakukan yayasan Setara terhadap anak jalanan sebagai bentuk pelayanan psikologi dalam perspektif dakwah dengan pendekatan bimbingan dan konseling Islam.
Dalam merumuskan hasil penelitian skripsi ini perlu adanya upaya perolehan dan pengolahan data-data. untuk memperoleh data, penulis menggunakan metode library research dan field research, dengan teknik observasi langsung (participant observation), interview, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian dikelompokkan dalam satuan kategori dan penulis analisis secara kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dan kualitatif reflektif.
Pembinaan terhadap anak jalanan yang dilakukan yayasan Setara Kota Semarang bertujuan memberikan palayanan dan perlindungan terhadap anak-anak khususnya yang berada dalam situasi sulit atau anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus sekaligus menumbuhkan, mengembangkan dan memajukan penghormatan masyarakat terhadap hak-hak anak. Pola pembinaan ini meliputi materi pembinaan, metode pembinaan dan bentuk hubungan pembina dengan anak jalanan. Adapun materi yang disampaikan meliputi materi sosialisasi, materi edukasi dan materi rehabilitasi. Dengan menggunakan metode langsung dan tidak langsung.
Temuan hasil penelitian pembinaan mental terhadap anak jalanan yang dilaksanakn yayasan Setara Kota Semarang ditinjau dari perspektif kesehatan mental dan dakwah dengan pendekatan bimbingan konseling Islam menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembinaan mental terhadap anak jalanan yang dikelola oleh yayasan Setara Kota Semarang merupakan fenomena psikologis yang banyak berhubungan dengan problem kejiwaan dan mental anak bina (klien). Dengan demikian konsep pembinaan terhadap anak jalanan dalam membentuk kesehatan mental di yayasan Setara didominasi oleh hal-hal yang bersifat problematis-kasuistis dan teknis-metodologis. yayasan Setara dihadapkan pada problem anak jalanan yang multidimensional, meliputi problem sosiologis, psikologis dan problem spiritual. Ketiganya menjadi input bagi yayasan Setara untuk bergerak dalam bentuk aksi nyata baik itu secara intern maupun ekstern. Secara intern, yayasan Setara berusaha mengangkat keterpurukan anak jalanan yang terbelenggu dalam problem psikologis dan spiritual lewat metode langsung dalam beragam

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA


0 komentar:

Posting Komentar