Selasa, 01 November 2011

Peran Rumah Singgah dalam Pembinaan Agama Islam pada Anak Jalanan (Studi Analisis di Rumah Singgah Putra Mandiri Semarang)

Berdasarkan hasil penelitian dan analisa, maka dalam skripsi yang berjudul “Peran Rumah Singgah dalam Pembinaan Agama Islam pada Anak Jalanan (Studi Analisis di Rumah Singgah Putra Mandiri Semarang)” ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.Keberadaan Rumah Singgah di Semarang adalah merupakan suatu lembaga yang menangani anak jalanan yang ada di semarang yang dalam pelaksanaan Rumah Singgah tidak terlepas dari visi dan misi yang diembannya, dan di dalamnya terkandung nilai-nilai agama. Yang dalam pelaksanaanya adalah pembinaan agama Islam terhadap anak jalanan yang ada di Semarang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Rumah Singgah tersebut berperan dalam pembinaan agama Islam pada anak jalanan di kota Semarang.
2.Ternyata Rumah Singgah telah berhasil dalam pembinaan agama Islam terhadap anak jalanan yang ada di Semarang. Adapun bentuk-bentuknya sebagai berikut.
a.Meningakatkan keimanan pada anak jalanan yang ada di Semarang.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebanyakan dari anak jalanan yang ada di Semarang adalah tingkat keimananya rendah, namun setelah adanya pembinaan agama Islam terutama yang berhubungan dengan keimanan maka tingkat keimanan menjadi meningkat dan membaik.
b.Meningkatkan ketekunan dalam beribadah
Ukuran untuk keimaan seseorang adalah dapat dibuktikan melalui tingkat ibadahnya. Dan setelah tingkat keimanan pada anak jalanan yang ada di Semarang meningkat, maka dengn sendirinya tingkat ketekunan dalam beribadah pada anak jalanan pun menjadi meningkat.
c.Membentuk akhlak menjadi lebih baik pada anak jalanan yang ada di Semarang
Perwujudan dari nilai-nilai agama seseorang adalah teritung dari akhlaknya dan akhlak merupakan cermin sikap atau tingkah laku seseorang dalam hidup sehari-hari

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar