Selasa, 01 November 2011

Hubungan Antara Hafalan al-QurÂ’an Dengan Hasil Belajar al-QurÂ’an Hadits siswa kelas 3 di Madrasah Aliyah Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah :
1. Bagaimana hafalan al-QurÂ’an siswa kelas 3 di MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan ?
2. Bagaimana hasil belajar al-QurÂ’an Hadits Siswa yang menghafalkan al-QurÂ’an di MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan ?
3. Bagaimana hubungan antara hafalan al-QurÂ’an dengan hasil belajar al-QurÂ’an Hadits siswa kelas 3 di MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan ?

Penelitian ini bertujuan :
1. Untuk mengetahui kualitas hafalan al-QurÂ’an siswa kelas 3 di MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan.
2. Untuk mengetahui tingkat hasil belajar al-QurÂ’an Hadits Siswa yang menghafalkan al-QurÂ’an di MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan.
3. Untuk mengetahui hubungan antara hafalan al-QurÂ’an dengan hasil belajar al-QurÂ’an Hadits siswa kelas 3 di MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi test lisan dan test tertulis beserta dokumentasi. Sedangkan subyek atau sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa yang diambil 20% dari seluruh populasi kelas 3 MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan yaitu 165 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, teknik pengumpulan data melalui test lisan dan untuk mengetahui tingkat hafalan al-QurÂ’an siswa dan test tertulis untuk mengetahui hasil belajar al-QurÂ’an Hadits siswa kelas 3 MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan.

Data penelitian yang terkumpul di analisa dengan menggunakan analisis product moment yang kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan thitung, telah diketahui besarnya nilai korelasi maupun signifikansi (nilai t) lebih besar dari pada kedua tabel pada distribusi r maupun t, baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5 %. Oleh karena rhitung dan thitung lebih lebih besar dari pada rtabel dan ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5 %, maka hipotesis yang telah penulis ajukan diterima.

Hal ini membuktikan bahwa hubungan kedua variabel tersebut arah dinamikanya akan selalu sama yang berarti bahwa setiap peningkatan nilai hafalan al-QurÂ’an siswa MA. Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan, akan selalu diikuti oleh hasil belajar al-QurÂ’an Hadits siswa MA. Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan pula

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar