Selasa, 01 November 2011

Peran Rumah Singgah Dalam Pembinaan Agama Islam Pada Anak Jalanan (Studi Analisis di Rumah Singgah Putra Mandiri Semarang)

Peran Rumah Singgah Dalam Pembinaan Agama Islam Pada Anak Jalanan (Studi Analisis di Rumah Singgah Putra Mandiri Semarang)

Dalam kajian ilmu kemasyarakatan, diantara persoalan yang hampir selalu mengundang kontroversial adalah isu-isu tentang anak jalanan sebagai akibat dari proses kemiskinan pada struktur masyarakat terkecil yaitu keluarga.Sejumlah jawaban yang telah diberikan selama ini ternyata belum cukup menuntaskan masalah, bahkan dalam banyak kasus justru memicu ketidakpastian. Isu anak jalanan dapat dikatakan isu yang sangat kompleks, tidak sekedar persoalan yang mudah diselesaikan dengan penerapan doktrin-doktrin keagamaan melainkan juga harus sangat memperhatikan aspek sosial kultural.Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan anak jalanan, pemerintah mengembangkan program pemberdayaan anak jalanan bekerja sama dengan lembaga sosial melalui pendekatan rumah singgah. Rumah singgah merupakan proses informal yang memberikan suasana resosialisasi anak jalanan terhadap sistem nilai dan norma yang berlaku di masyarakat setempat . Rumah singgah merupakan tahap awal bagi seorang anak untuk memperoleh pelayanan selanjutnya. Oleh karenanya penting menciptakan rumah singgah sebagai tempat yang aman, menarik dan menyenangkan bagi anak jalanan

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar