Selasa, 01 November 2011

Pengaruh Shalat Dluha Terhadap Etos Kerja Pegawai Iain Walisongo Semarang (Tinjauan Bimbingan Dan Konseling Islam)

Pengaruh Shalat Dluha Terhadap Etos Kerja Pegawai Iain Walisongo Semarang (Tinjauan Bimbingan Dan Konseling Islam)

Manusia merupakan makhluk jasmaniah dan rohaniah yang memiliki sejumlah kebutuhan seperti sandang, pangan, papan, udara dan sebagainya. Guna memenuhi kebutuhan jasmaniahnya itu manusia bekerja, berusaha, walaupun tujuan itu tidak semata-mata hanya untuk keperluan jasmaniah semata. Dalam pekerjaan manusia dapat memperoleh kepuasan rohaniah.Motivasi kerja itu tidak hanya berwujud uang sebagai kebutuhan ekonomis yang pokok. Banyak orang sukarela dan senang bekerja secara terus menerus, sekalipun dia tidak lagi memerlukan tambahan kekayaan dan uang. IAIN Walisongo Semarang adalah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan corak khusus agama Islam. Dengan demikian secara otomatis civitas akademika dan mahasiswanya memeluk agama Islam, dan sebagian besar mereka seorang muslim yang taat menjalankan ajaran agama dan taat menjalankan kerjanya. Namun begitu dalam keasyikan menjalankan pekerjaannya ada juga yang tidak dapat memanfaatkan waktu untuk shalat dluha.1. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, pelaksanaan shalat dluha pegawai IAIN Walisongo Semarang, ada yang aktif melaksanakan shalat dluha dan ada yang tidak aktif melaksanakan shalat dluha. Hal ini dapat kita lihat dari hasil angket yang disebarkan kepada para pegawai IAIN Walisongo Semarang (responden) dengan hasil rata-rata aktif 50%, sedangkan yang cukup aktif 10% dan yang tidak tentu aktif adalah 40%.
2. Berdasarkan hasil penelitian dari sejumlah informan atau dari hasil angket yang disebarkan kepada para pegawai IAIN Walisongo Semarang. Ternyata pelaksanaan shalat dluha pegawai IAIN Walisongo Semarang baik. Kemudian, dari analisis data yang dilaksanakan, ternyata pelaksanaan shalat dluha pegawai IAIN Walisongo berpengaruh terhadap etos kerja pegawai IAIN Walisongo Semarang.
3. Hasil korelasinya adalah 0,415 dengan taraf signifikansi 95% dari harga r (tabel) Product Moment diperoleh harga (rt) sebesar 0,312

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA


0 komentar:

Posting Komentar