Selasa, 01 November 2011

Hubungan Antara Bimbingan Hidup Beragama Islam Dengan Kesehatan Mental (Study Analisis di Panti Asuhan Muhammadiyah Kecamatan Kaliwungu)

Hubungan Antara Bimbingan Hidup Beragama Islam Dengan Kesehatan Mental (Study Analisis di Panti Asuhan Muhammadiyah Kecamatan Kaliwungu)

Setelah mengkaji landasan teori yang dikemukakan dalam bab II dan setelah mencermati hasil-hasil penelitian di lapangan sebagai dikemukakan dalam bab III, demikian pula setelah menganalisis bab IV, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Metode bimbingan hidup beragama Islam di panti asuhan Muhammadaiyah kecamatan Kaliwungu sangat variatif yaitu meliputi: metode ceramah, metode diskusi, metode individual, metode perintah, metode keteladanan, dan metode demonstrasi, metode-metode yang digunakan di panti asuhan Muhammadiyah kecamatan Kaliwungu tersebut sangat membantu dalam memberikan bimbingan hidup beragama Islam kepada anak-anak asuh, yang menyangkut kehidupan di masa kini dan masa mendatang. Metode tersebut digunakan dalam bidang mental spiritual, dengan maksud agar anak yatim tersebut mampu mengatasi kesulitan- kesulitannya dengan kemampuan yang ada pada dirinya sendiri; melalui dorongan dari kekuatan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang akan dapat membentuk kesehatan mental anak yatim, sehingga anak yatim tersebut dapat mengembangkan potensi dirinya dalam menjalani kehidupannya.
Karenanya hasil temuan penulis di lapangan menunjukkan adanya respon yang positif dari sejumlah anak-anak yang ada di panti asuhan itu terhadap metode bimbingan yang dikembangkan.
2. Bimbingan hidup beragama Islam sangat erat hubungannya dengan kesehatan mental anak di panti asuhan Muhammadiyah kecamatan Kaliwungu. Dengan adanya bimbingan hidup beragama Islam tersebut dapat menumbuh kembangkan mental anak-anak. Implikasi positif dari pengembangan metode tersebut telah menghasilkan anak-anak yang bermental sehat, dalam arti hilangnya perasaan rendah diri, rasa cemas, rasa terasingkan dan rasa putus asa. Dengan adanya bimbingan hidup beragama Islam anak yatim akan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan keyakinan yang teguh terhadap Tuhan, ia akan dapat mengamalkan ajaran agama secara baik dan akan memiliki akhlah yang baik pula yaitu akhlakhul karimah

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA


0 komentar:

Posting Komentar