Selasa, 01 November 2011

Analisis Pesan Dakwah Melalui Media Cetak (Kajian Terhadap Buletin Jumat Al Wustho Tahun 2002)

Analisis Pesan Dakwah Melalui Media Cetak (Kajian Terhadap Buletin Jumat Al Wustho Tahun 2002)


Saat ini telah banyak beredar berbagai macam buletin dalam pelaksanaan dakwah Islam. Buletin ini dinilai efektif dalam menyebarkan pesan dakwah, karena mudah untuk dimiliki dan harganya juga tidak terlalu mahal.
Dipilihnya buletin Al Wustho karena buletin ini diterbitkan oleh Yayasan Masjid Baiturrahman. Seperti yang telah diketahui, bahwa masjid Baiturrahman adalah salah satu landmark-nya kota Semarang. Dengan lokasinya yang tepat di tengah-tengah kota, masjid tersebut juga dapat disebut sebagai icon-nya kota Semarang.
Tidak seperti keberadaan masjid lainnya, di mana pengunjung sudah pasti melaksanakan ibadah, para pengunjung masjid Baiturrahman bermacam-macam dalam hal niat. Bisa saja mereka yang mengunjungi masjid tersebut hanya untuk istirahat sejenak atau bahkan hanya ingin menikmati suasana kota Semarang. Ini adalah salah satu alasan penulis memilih masjid Baiturrahman sebagai obyek dari penelitian.
Alasan yang kedua, akhir-akhir ini banyak lembaga atau instansi yang menggunakan buletin sebagai media dakwah guna mendukung aktifitas yang akan dilakukan. Sehingga asumsi penulis adalah bahwa ada sedikit penyimpangan dari pelaksanaan dakwah.
Dari latar belakang tersebut diatas maka penulis ingin melakukan penelitian dakwah melalui media cetak berbentuk buletin, yang diterbitkan oleh yayasan masjid Baiturrahman Semarang. Penulis ingin meneliti bagaimana dakwah melalui buletin itu dilakukan dan materi apa saja yang disampaikan oleh tersebut, mengingat subyek dakwah yang menyampaikan materi dakwahnya berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, dan lingkungan sosial yang berbedaTujuan Penelitian
1. Diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai format pengajian JumÂ’at pagi di Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
2. Diharapkan dapat memberikan gambaran etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
3. Diharapkan dapat mengetahui sejauh mana pengaruh intensitas mengikuti pengajian JumÂ’at pagi dengan peningkatan etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
Metode Penelitian
a. Jenis dan metode penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuannya adalah menggambarkan pengaruh intensitas mengikuti pengajian JumÂ’at pagi terhadap peningkatan etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
b. Sumber data. Diperoleh dari data primer dan data sekunder.
c. Populasi dan sampel. Menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 % dari 266 karyawan yang masuk shift pagi yaitu sebanyak 40 responden.
d. Metode pengumpulan data. Metode angket, metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi.
e. Teknik analisis data; Analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis, dan analisis lanjut.
Hasil Penelitian
Setelah semua data didistribusikan dalam tabel, kemudian dihitung dengan rumus product moment hasilnya 0,527. Angka tersebut setelah dikonsultasikan dengan r tabel product moment 5 % dan 1 % nilainya jauh di atas taraf signifikan baik 5 % maupun 1 %.
Kesimpulan
Pengajian JumÂ’at pagi di Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang sudah dilaksanakan dengan baik dan tertib oleh hampir seluruh karyawan Matahari Dept.

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA



0 komentar:

Posting Komentar