Selasa, 01 November 2011

Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Melalui Media LKS Terhadap Minat Belajar PAI Siswa Di SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang

Penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah : 1) Apakah penggunaan metode resitasi melalui media LKS berpengaruh terhadap minat belajar PAI siswa di SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang, 2) Apabila ada pengaruh, pengaruh tersebut bersifat positif atau negatif, apabila ada pengaruhnya, 3) Apabila penggunaan metode resitasi melalui media LKS terhadap minat belajar PAI siswa di SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang berpengaruh, apakah pengaruh tersebut cukup signifikan.
Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik korelasional dan regresi. Subyek penelitian sebanyak 36 responden, menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview (wawancara), metode angket, dan metode dokumentasi. Metode tersebut untuk menjaring data X dan Y. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas teoritik terhadap instrumen angket.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa :
(1) Penggunaan metode resitasi melalui media LKS berpengaruh terhadap minat belajar PAI siswa di SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang, hal ini dibuktikan dengan hasil Freg sebesar 32.956 > F 0,01 (5.25) dan F 0,05 (3.26), (2) Pengaruh penggunaan metode resitasi melalui media LKS terhadap minat belajar PAI siswa di SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang, menunjukkan pengaruh yang positif, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai F reg sebesar 32.956 dengan menghasilkan fungsi taksiran , (3) Penggunaan metode resitasi melalui media LKS terhadap minat belajar PAI siswa di SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan bahwa t ( 5.649 ) > t 0,01 ( 5,18 ).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberikan dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

1 komentar:

Alviean mengatakan...

ternyata isi downloadnya nipu.

Posting Komentar