Selasa, 01 November 2011

Studi Komparatif Terhadap Strategi Dakwah Muslimat NU Dengan Aisyiyah Kabupaten Tegal

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan secukupnya maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan strategi dakwah baik Muslimat NU maupun Aisyiyah Kabupaten Tegal, dilakukan melalui beberapa bentuk strategi; (i) subyek (ii) metode dakwah (iii) media dakwah (iv) materi dakwah.
2. Persamaan dari penerapan strategi dakwah yang dilakukan oleh Muslimat NU Muslimat NU dan Muslimat NU Kabupaten Tegal terletak pada:
a. Perencanaan operasional kegiatan dimana keduanya sama-sama dilakukan oleh lembaga (Muslimat NU) dan majelis (Aisyiyah) yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Dan rencana strategi dakwah dimana dalam perumusannya disesuaikan program-program yang telah direncanakan.
b. Pembiayaan dakwah, dimana keduanya tidak ada anggaran pasti yang akan dialokasikan ke dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan.
3. Perbedaannya terletak pada materi tetapi tidak begitu signifikan perbedaan lain terletak pada visi dan misi serta program dakwah masing-masing.
4. Dari kedua organisasi tersebut, dengan melihat kondisi sosial kemasyarakatan Kabupaten Tegal maka dakwah yang dilaksanakan sangat relevan diterapkan pada masyarakat Kabupaten Tegal. Karena masyarakat merespon setiap kegiatan dakwah Aisyiyah dan Muslimat NU sangat baik dan cukup antusias mengikutinya. Karena didasarkan pada bentuk strategi yang diterapkan oleh keduanya

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar