Selasa, 01 November 2011

Pengaruh Intensitas Mengikuti Pengajian JumÂ’at Pagi Terhadap Peningkatan Etos Kerja Karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang

Pengaruh Intensitas Mengikuti Pengajian JumÂ’at Pagi Terhadap Peningkatan Etos Kerja Karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang

Tujuan Penelitian

1. Diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai format pengajian JumÂ’at pagi di Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
2. Diharapkan dapat memberikan gambaran etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
3. Diharapkan dapat mengetahui sejauh mana pengaruh intensitas mengikuti pengajian JumÂ’at pagi dengan peningkatan etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
Metode Penelitian
a. Jenis dan metode penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuannya adalah menggambarkan pengaruh intensitas mengikuti pengajian JumÂ’at pagi terhadap peningkatan etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang.
b. Sumber data. Diperoleh dari data primer dan data sekunder.
c. Populasi dan sampel. Menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 % dari 266 karyawan yang masuk shift pagi yaitu sebanyak 40 responden.
d. Metode pengumpulan data. Metode angket, metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi.
e. Teknik analisis data; Analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis, dan analisis lanjut.
Hasil Penelitian
Setelah semua data didistribusikan dalam tabel, kemudian dihitung dengan rumus product moment hasilnya 0,527. Angka tersebut setelah dikonsultasikan dengan r tabel product moment 5 % dan 1 % nilainya jauh di atas taraf signifikan baik 5 % maupun 1 %.
Kesimpulan
Pengajian Jum’at pagi di Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang sudah dilaksanakan dengan baik dan tertib oleh hampir seluruh karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang. Pengajian ini diadakan pada setiap hari Jum’at sebelum buka toko yaitu pada jam 09.00–10.00 di lantai IV yang dipimpin oleh seorang ustadz yang bersedia untuk setiap minggunya (sistem rolling) dengan menggunakan beberapa metode.
Etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari prosentase hasil tabel ad.2 seputar etos kerja yang menunjukkan bahwa 5% responden memiliki etos kerja rendah, 30% responden memiliki etos kerja yang cukup dan 65% responden memiliki etos kerja tinggi. Dengan demikian secara umum etos kerja karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang adalah tinggi.
Intensitas mengikuti pengajian JumÂ’at pagi oleh karyawan Matahari Dept. Store Simpang Lima Semarang berpengaruh positif terhadap etos kerja mereka, yang dapat dilihat dari hasil perhitungan yang menggunakan rumus korelasi product moment yang menunjukkan hasil signifikan yaitu 0,527

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar