Selasa, 01 November 2011

Analisis Terhadap Pelaksanaan Pengajian Mujahadah Dalam Pengembangan Dakwah Islam Di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Kembangan Bintoro Demak Tinjauan ko

Analisis Terhadap Pelaksanaan Pengajian Mujahadah Dalam Pengembangan Dakwah Islam Di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Kembangan Bintoro Demak Tinjauan komunikasi Dakwah


Mujahadah dilaksanakan dengan menggabunghkan berbagai macam dzikir dan doÂ’a utama, baik dari al-QurÂ’an, al-haditz, maupun atsar ulama. Diantaranya adalah al-asmaÂ’ al-husna dan berbagai doa tentang permohonan ampun, perlindungan, dan doa keselamatan. Sedangkan yang menjadi tujuan inti dari pelaksanaan mujahadah al-istiqamah adalah untuk membersihkan hati, dan kemudian mendekatkan diri kepada Allah, disamping beberapa tujuan skunder lain pada masing-masing jamaah.
Dalam pelaksanaan mujahadah itu, secara umum, digunakan metode dakwah sebagaimana digariskan oleh al-QurÂ’an, yakni bi al-hikmah, bi al-mauÂ’idzah al-hasanah, dan bi mujadalah bi ahsan. Hanya saja penerapannya diberikan tafsiran ala kaum mujahadah, bukan secara konvensional, yang dalam perspektif komunikasi dakwah, memang sudah memenuhi kriteria-kriteria yang hampir menyeluruh dari komunikasi dakwah. Semua metode itu ditempuh dengan out-put yang diharapkan adalah zakiyat al-nafs dan taqarrub ila-Llah.
Dari metode bi al-hikmah dapat difahami metode sekaligus materinya, yakni penyampaian dakwah dengan melihat kondisi menyeluruh audienc, sekaligus memberikan materi-materi hikmah atau maÂ’rifah bagi komunikan dakwah tersebut. Dengan konsep Inilah materi-materi mujahadah diramu, dan berbagai metode aksi dirumuskan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan dakwah yang dicanangkan. Konsep al-hikmah dalam aplikasi dakwah mujahadah mencakup semua unsure komunikasi secara umum.
Sedangkan mauÂ’idzah al-hasanah, yang intinya adalah berupa penyampaian misi dan visi dakwah guna pembentukan ahsana taqwin, menyieratkan adanya bentuk-bentuk komunikasi yang harus diaplikasikan secara integral, konsisten, dan penuh dengan disiplin. Selain itu juga termaktub aplikasi dari konsep sifat dan teknik komunikasi, yakni penyampaian dakwah secara verbal bertatap muka, dengan teknik yang informative, persuasive, dan instruktif.
Guna peningkatan pencerahan yang menyeluruh, konsep umum mujadalah juga diterapkan dalam bentuk dialog interaktif, dialog antar tradisi, pertukaran kebudayaan dan sebagainya. Disinilah hampir semua bentuk, metode, dan jenis komunikasi tercakup dalam forum mujahadah tersebut.
Inti dari semua itu, bahwa pelaksanaan dakwah melalui pengajian mujahadah di pondok Pesantren al-Istiqamah Kembangan menempuh empat cara dakwah secara umum, yaitu:
1) Berdakwah dengan ritualitas dzikir dan doÂ’a
2) Berdakwah dengan jalan al-mauÂ’idzat al-hasanah dan bi al-uswah al-hasanah.
3) Orientasi dakwah adalah kebersihan hati dan perbaikan moral.
4) Berdakwah dengan membidik kepribadian perorangan secara langsung.

DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar